Combine Strom

Responsive Design

Responsive Design merupakan teknologi terbaru yang memiliki karateristik tentang desain template website. Dalam hal ini sebuah tampilan website dapat dilihat melalui perangkat seluler yang telah diatur dengan media CSS, maka anonim dapat berkreasi untuk menampilkan desain website yang indah pada perangkat seluler.

Ujian Pertama. Reaksi Kompleks, Alkaloid, dan Flavonoid

Baru bangun jam 8 pagi ini sedangkan ujian baru mulai jam 9. Belum dapet materi gag jadi beban. Berharap amal yang ku punya sudah masuk ketegori "ciptaan Tuhan yang sudah layak dibantu oleh-Nya pas ujian". :p

Ujian sekarang apa ya? Hm..Oia, Kimia Fisika IV tentang  reaksi Kompleks dan Kimia Organik Bahan Alam tentang Alkaloid dan Flavonoid.
Aku kemarin nginep di kos temen, pulangnya singgah dulu ke warung beli shampoo yang gag sekarang ku pake (kepingin aja beli. Shampoo di asrama udah abis soalnya, buat jaga-jaga aja). Nama warungnya "Melati" tapi baunya gag kayak melati tuh, disini juga gag jual melati tapi entah kenapa namanya Melati? Kenapa gag warung shampoo? Okeh ini diskusi yang gag penting.

Di warung ini juga melayani jasa fotocopy. Tempat ini udah padet banget ama orang yang pastinya uda mandi. Hanya aku aja, pemuda lusuh, yang terjepit, terdesak, kepepet, terdampar di warung ini, belum mandi (cuci muka aja kagak).

Semua orang yang ke Melati kebanyakan mau motocopy catetan temennya buat diperkecil. Ini untuk persiapan ujian ntar. Yang bikin aku heran, kebanyakan cewek-cewek yang melakukannya.

Sekarang tindak kecurangan dalam ujian udah gag mandang gender. Semua insan manusia butuh nilai. Butuh sukses. Dan secara akal sehat definisi sukses ujian adalah lulus dengan nilai bagus. Sayangnya proses yang dijalani sering dilupakan. Hasil akhir lebih diprioritaskan.


Dulu biasanya cewek paling anti buat curang kalo sekarang malah cewek lebih pinter buat berkreatifitas nyari akal gimana caranya buat lulus. Dari bikin prakarya (baca: contekan) sebelum ujian sampai pada boking tempat jauh-jauh hari. Bokingnya pun mereka gag segan-segan ngatur tempat duduk sendiri.

Mereka bisa ampe ngangkat-ngankat kursi gitu biar formasi ujian yang udah mereka siapin berjalan lancar. Paling parah adalah saat mereka, para wanita, tega ngegusur cowok-cowok biar dapet tempat duduk yang strategis. Disini pepatah "posisi menentukan prestasi" begitu diamalkan. Gag ada yang marah saat cewek melakukan penggusuran, coba itu cowok pasti udah dari tadi bonyok.


Singkat cerita aku udah selesai mandi. Dengan berbekal handuk aja aku masuk kamar. Ternyata hapeku bunyi. Di seberang telpon temenku bilang,"Kamu kemana aja, dosen udah dateng, ujian udah mulai, soal udah dibagiin!"


Astaga! Secepat kilat berganti pakaian dari kostum "handuk doang" menjadi 'asal mirip mahasiswa mau ujian" bermodal pulpen aja aku bergegas ke kelas. Untung dikasi masuk ama dosennya. Ujian pun dimulai dengan sms dari temen,
aku belum belajar. ntar kirimin jawaban ya..
Kebiasaan banget orang itu, minta jawaban tapi dia duduk jauh dan deket benget ama pengawas, gimana mau ngasi jawaban??

Akhirnya mata ujian pertama terlewati dari lima soal gag kejawab satu. Lumayan. Waktunya istirahat, aku makan dikantin sambil ngedengerin curhatan temen yang lagi berantem ama ceweknya. Dari kejauhan temen yang lain teriak manggil katanya ujian udah mulai. Sial! Masa aku telat masuk lagi. Ini kedua kalinya dalam setu hari ini.

Berlari menuju kelas, di depan TU aku ngeliat kakak kelas lagi nongkrong. Gag tau kenapa tiba-tiba pengen aja nanya keberadaan seorang dosen yang biasa kupaggil dengan kata "mabak" karena emang dari semua dosen cuma dia yang baru nikah meski umurnya udah gag muda.

"Kak liat mbak Dian (seharusnya buk Dian) gag?"

Kakak kelas yang cantik nan rupawan itu menjawab dengan lembut,"Emang yang ada disampingku siapa..?"

Astaga lagi! Ternyata orangnya ada disana!! Biar malunya gag lama-lama soalnya dosennya udah manggil-manggil gitu, aku langsung masuk kelas aja. Bodoh banget, kenapa bisa-bisanya nanya dosen disaat orangnya ada. Pake kata yang gag sopan lagi. :(

Di dalem kelas soal udah dibagiin. Kali ini jawab soalnya rada nyantai karena emang......gag tau jawabannya!! Sambil bingung, ngusap-ngusap keringet dingin yang mancur di muka, aku liat temen yang lain.

Buset, ada yang tidur! Yang cewek ada yang baca fotocopyan perkecilnya dibalik soal. Ada yang rada takut baca contekan yang dibawa. Ada yang googling nyari jawaban. Ada yang bisik-bisik tetangga, muka udah kayak mercusuar nyorot kemana-mana. Aku pun di ending cuma bisa ngelarin 4 soal dari tujuh soal.

Untuk besok "konon" ujian praktikum Kimia Organik Bahan Alam jam 10 pagi. Hope get better.




*)gambar titrasi asam basa dicolong dari belajar kimia.

Posting Komentar

Copyright © Combine Strom | Dsign By: Rizky eka Pramana r