Combine Strom

Responsive Design

Responsive Design merupakan teknologi terbaru yang memiliki karateristik tentang desain template website. Dalam hal ini sebuah tampilan website dapat dilihat melalui perangkat seluler yang telah diatur dengan media CSS, maka anonim dapat berkreasi untuk menampilkan desain website yang indah pada perangkat seluler.

Tulisan Feature dan Esai Di Blog

gambar dicolong dari Jill
Tempo hari aku berniat ikut lomba tulisan feature dan esai di dua ajang yang berbeda. Ini bukan lomba blog, tapi dua media Indonesia yang mengadakannya. Karena kurang begitu ngerti apa itu tulisan feature dan esai, jadi aku riset kecil-kecilan gitu. Ternyata tulisan feature dan esai kalo diterapin di blog bakal keren banget. Terutama untuk menggalakkan internet sehat dengan posting yang sehat-sehat.

Tulisan feature itu sendiri kalo dijelasin pake bahasaku, adalah cara orang menulis berita dengan cara mengisahkan. Biar beritanya awet mau dibaca kapan pun plus bikin tulisan makin hidup.

Sedangkan esai itu menuliskan pendapat tentang suatu masalah tapi juga harus bertanggung jawab akan solusi dari masalah yang dibahas. Gag harus kita yang ngasi solusi, memancing pembaca biar mau nyari solusinya juga bisa.

Tips menulis tulisan feature yang bisa diterapin di blog antara lain:
  • Jangan memberitahu, tapi menceritakan. Kalian harus paham beda keduanya.
  • Judul yang menggoda, paragraf pertama yang kuat, akhir berupa klimaks, fokus dengan topik
  • Kamu yang ngendaliin mood. Bukan sebaliknya, Tetap nulis meski gag mood, pas mood kamu tinggal percantik aja draftmu.
  • Tulisanmu adalah untuk pembaca, jadi jangan ngasi info yg setengah-setengah. Tulisan juga harus menyangkit ketertarikan pembaca.
  • Ganti kata sifat dengan kata kerja. Kata pasif dengan kata aktif.
  • Jangan mikir pas nulis. Biarkan semua pikiran tertuang. Kalo udah the end baru edit.
Mungkin masih ada yang bertanya-tanya, Nah jadilah pembaca yang aktif. Kalian boleh bertanya via twitterku, bisa juga berinisiatif nyari tau lebih dalem ke google. Kalo ada yang ngerasa gag sreg dengan ini semua, silahkan utarakan pendapatmu di kotak komentar ya..:)

Sayangnya aku gag jadi ikut kedua lomba. Pertama karena gag sempet nyari bahan. Kedua, terkendala alat. Mungkin di kesempatan lain.

Oia kenapa separonyolong gag bisa kebuka dari chrome? Karena aku memasang widget http://republic.designerlistic.net/. Setelah ku hapus, semua jadi kembali normal. Jadi hati-hatilah memasang widget apapun.

Posting Komentar

Copyright © Combine Strom | Dsign By: Rizky eka Pramana r