Combine Strom

Responsive Design

Responsive Design merupakan teknologi terbaru yang memiliki karateristik tentang desain template website. Dalam hal ini sebuah tampilan website dapat dilihat melalui perangkat seluler yang telah diatur dengan media CSS, maka anonim dapat berkreasi untuk menampilkan desain website yang indah pada perangkat seluler.

Orang Bandung Kreatif

Katanya kalo barang serba murah idup bakal jadi lebih indah, gag semua kayak gitu.
Semua bakal sama aja kalo gag ada uang buat dibelanjain. Ato ada uang tapi susah nyarinya secara halal.


Itu yang kurasain di Bandung ini. Harganya barang sih murah. Mana bisa ku temuin molen ato onde-onde seharga seratus rupiah di Bali? Tapi lapangan kerja adalah jagonya maen petak umpet. Susah banget ketemunya. Sehingga ngeliat pengemis yang ngakunya ato keliatan gag makan sama sekali dalam berapa hari (ato itu hanya pura-pura) bukan pekerjaan sulit.


Jadi inget daerah asalku di Bali. Kenapa di Bali jarang ada demo, ataupun tindak kriminal? Itu karena masyarakat Bali udah berada dalam comfort zone mereka disana. Seenggag-engganya punya uang, masih bisa tetep makan. Konon sih semasih budaya dan adat tetap dipatuhi, kemakmuran tetep tancap terus. Kalopun ada pengemis asli bali, itu semata tuntutan adat yang mengharuskan mereka ngemis.


Okeh, usai dulu kita bernostalgia ke Bali, lanjut lagi ke kondisi Bandung yang susah minta ampun nyari kerja. Kondisi ini memaksa masyarakat sekita untuk berpikir lebih kreatif. Mengorek sekeping rupiah dipinggir jalan, diantara panasnya cuaca dan kejam khatulistiwa.


Mungkin karena ini jadi banyak orang seni (bukan orang yang sering buang seni) terlahir dari kota kembang api. Hasil adaptasi dari hukum rimba kali ya?


Orang kreatif yang ku kenal adalah dagang molen nanas. Biasanya molen isi pisang, tapi kali ini isinya beda. Belum lagi yang isi beras item alias injin.


Jadi kepikiran bikin usaha serupa di Bali dengan isi yang lebih variatif, misalnya molen isi kacang, keju, aneka buah, selai buah, bahkan isi duit! ISI DUIT! hahahahahaha. #mulaigila


Pedagang gorengan disini juga gag kalah kreatif. Di Bali mereka hanya buka dari sore. Tapi disini, untuk memenuhi kebutuhan pasar, pedagang gorengan buka dari pagi. Dagang gorengan juga pencinta lingkungan. Gag make plastik buat bungkus gorengan. Udah pakai kertas, bung!


Yah meski dalam kertas terkandung logam berat semisal Pb, tapi setidaknya dagang gorengan turut serta mengurangi limbah plastik yag sulit terurai di alam. Pencemaran pun berkurang deh.




*)gambar dicolong dari Photo Phumkin

Posting Komentar

Copyright © Combine Strom | Dsign By: Rizky eka Pramana r